Sabtu, 31 Maret 2012

Tutorial Membuat Efek Jelly Pada Objek dengan CorelDraw


Pada kesempatan kali ini "asal gores" akan berbagi tutorial bagaimana memberikan efek JELLY pada sebuah tulisan dengan menggunakan CorelDraw. Jadi bagaimana cara memberikan gradasi, memberikan efek mengkilap dan yang lainnya akan dibahas secara detail  dan mendalam.

Tidak usah berlama-lama lagi langsung saja kita mulai....


Langkah 1

Pertama yang harus kita lakukan adalah memulis tulisan apa yang akan kita buat dengan menggunakan text tool. Kita juga dapat memilih jenis font (sebaiknya standar karena kita akan merubahnya sendiri) dan ukutannya.


Langkah 2

Sebaiknya kita memisahkan antara huruf satu dengan huruf yang lain, karena kita akan mengerjakan ini dengan satu-persatu huruf yang ada.


Langkah 3


Sebelum kita rubah bentuk awal dari huruf ini kita harus mengkonversinya terlebih dahulu agar bisa dirubah bentuknya sesuai keinginan kita dengan "Ctrl+Q". Setelah dikonversi kita dapat merubah bentuknya dengan menggunakan shape toool. Cara menggunakan shape tool adalah dengan klik kanan bidang yang akan dirubah (diantara dua titik) dan pilih "To Line" atau "To Curve" sesuai keinginan kita. Kita juga dapat menarik panah yang ada untuk mengatur bentuk dari objek.

Langkah 4


Setelah mendapatkan bentuk yang kita inginkan sekarang masuk pada tahap pewarnaan. Kita menggunakan fill tool dan pilih fountain fill untuk memberikan gradasi. Atur warna pada fountain tool seperti gambar di atas atau mungkin dapat merubanya sesuai dengan selera.


Dan beginilah hasil yang didapat.

Langkah 5


Untuk lebih memberikan efek gradasi yang lebih nyata kita gunakan free hand tool dan buatlah bentuk pada bagian yang akan diberikan gradasi.



Setelah itu berikan efek bayangan dengan menggunakan shadow tool pada objek tadi.


Lalu pisahkan antara objek dengan bayangannya.


Masukan ke-3 objek dan bayangannya pada huruf "a" dengan pilih Effects pada menu dilanjutkan PowerClip.

Langkah 6


Ulangi langkah 5 dengan memilih warna lebih gelap pada bayangan objek.

Langkah 7


Dengan menggunakan bezier tool dan shape tool buatlah efek mengkilap pada huruf secara manual. Setelah itu beri warna putih pada objek dan dengan menggunakan transparantcy tool >> linear buatlah agar objek lebih transparan pada salah satu sisi.

Langkah 8


Gunakan bezier tool untuk membuat objek berbentuk bintang seperti gambar di atas.


Dan inilah hasil yang didapat dari langkah 7 dan langkah 8.

Langkah 9

Gunakan free hand tool untuk membuat objek yang nantinya akan memberikan efek mengkilap. Setelah itu kembali gunakan transparantcy tool >> linear agar terlihat trasparan.

Langkah 10

Ulangi langkah 7-9 pada objek sehingga dihasilkanlah  seperti gambar di bawah ini. 


Setelah huruf "a" selesai lakukan kembali langkah langkah di atas untuk menyelesaikannya. Dan inilah hasil jadinya.


Setelah jadi seperti gambar di atas kita dapat memfinishingnya dengan memberikan efek efek dan background yang lain sesuai dengan keinginan kita.

Bagaimana tidak sulit kan? Semoga informasi ini dapat untuk belajar kita semua dan memberika ilmu lebih kepada kita.
Sekian, terimakasih... ^.^


6 komentar:

  1. Permasalahannya adalah ketika kita export ke eps / ai. Karena sebagian besar kebutuhan saya adalah untu microstocks. Dia ketika dibuka di adobe illustrator menjadi bitmap. Bukan vactor lagi. Mohon informasinya.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...